Enam Fraksi Menolak LPj Bupati Sidoarjo Tahun 2017

Tidak ada komentar 21 views
banner 468x60

SIDOARJO – MNS.COM

Suhu politik kian memanas antara eksekutif dan legislatif. Kondisi itu diperparah pada Jumat (6/7/2018) saat sidang paripurna, 6 fraksi menolak laporan pertanggungjawaban (LPj) Bupati Sidoarjo Tahun 2017 disahkan menjadi Perda (peraturan daerah). Informasi dari anggota legislatif, DPRD terpaksa menolak LPj bupati karena saat pembahasan rapat LPj antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan dewan tertunda sampai dua kali.

Diawali oleh Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Bangun Winarso, politisi dari Krian itu menyampaikan penolakannya atas pengesahan Raperda pertanggung jawaban LPj APBD 2017 menjadi Perda.“Kami sebanyak 7 anggota fraksi PAN, menolak pengesahan Raperda LKPJ menjadi Perda,” tegas Bangun Winarso.

Selanjutnya disusul sikap FPDIP melalui Sudjalil selaku juru bicara, juga menyatakan penolakannya.“Kami 8 anggota PDIP menolak mekanisme pengesahan LPj 2017, karena mekanisme tidak dilaksanakan.TAPD tidak hadir atas undangan Banggar, dan kelembagaan dewan tidak dianggap,” tegas Sudjalil.

Fraksi PKS-Nasdem melalui H Aditya Nindyatman, ST juga satu suara, setuju dengan dua fraksi sebelumnya menolak menjadi Perda. Begitu juga Fraksi Demokrat melalui Agil Effendi, tidak menyetujui Raperda karena tidak ada pembahasan.

Dua fraksi lain yakni Fraksi Golkar Bintang Persatuan dan Fraksi Gerindra, menyatakan tidak menerima Raperda disahkan, karena tidak sesuai prosedur walaupun DPRD tidak memiliki kewenangan menolak.

“Kita menolak disahkannya Raperda ini menjadi Perda,”tegas Bambang Pujianto juru bicara Fraksi Gerindra.

Sementara itu F-PKB melalui Abdillah Nasikh ketua komisi C, berbeda dengan enam fraksi lainnya. Dalam penyampaiannya, Abdillah Nasikh melihat anggota dewan juga berperan dalam tidak maksimalnya pembahasan Raperda LPj 2017 ini.“Kita tidak ingin dewan dianggap tidak kerja. Karenanya, PKB menawarkan Raperda ini harus lanjut menjadi Perda,” papar Nasikh.

Akhirnya menutup jalannya paripurna, Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan menawarkan kepada anggota dewan, apakah menerima Raperda LPj 2017 untuk disahkan menjadi Perda.Ketika itu, para anggota fraksi-fraksi secara serentak menjawab tidak menerimnya.

Usai solat Jumat, Sullamul Hadi Nurmawan dikonfirmasi mengaku seperti ditusuk sana sini. Betapa tidak, ia sebagai ketua dewan dari PKB, sungguh sangat tidak mengenakkan baginya. Dipandang oleh bupati dan ketua fraksi PKB. “Tapi saya mau bagaimana lagi, karena semua fraksi-fraksi lain menghendaki begitu,”ujarnya. (dar)

Suasana sidang paripurna yang lain.

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia

Tinggalkan pesan "Enam Fraksi Menolak LPj Bupati Sidoarjo Tahun 2017"