Lapindo dan Komunitas Sidoarjo Positif Peduli Lingkungan

SIDOARJO –MNS.COM

Diperkirakan pekan depan, Komunitas Sidoarjo Positif bekerjasama dengan Lapindo Brantas Inc melakukan kerja bakti bersih-bersih lingkungan.  Kegiatan sosial dan penghijaun itu dilakukan disekitar wilayah pengeboran gas di RT 2/RW 1 Desa Kedung Banteng Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

 

Kerjasama yang positif ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih dan sehat untuk masyarakat desa setempat. Acara tersebut melibatkan karang taruna desa setempat untuk menghijaukan, memperindah dan menciptakan wilayah yang asri.

 

Rencananya, penyelenggara akan membagikan 100 buah tempat sampah untuk diberikan kepada setiap rumah. Termasuk menyediakan 80 bibit tanaman pucuk merah dan 20 bibit pohon tabebuya. Pucuk merah yang memiliki bahasa latin syzygium oleana adalah jenis tanaman perdu. Pucuk merah ini biasa digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki keunikan dan keindahan.

 

Sementara tabebuya adalah jenis tanaman dari negara Brazil yang sering disebut tanaman Sakura. Disebut tanaman Sakura karena tanaman yang bahasa latinnya tabebuia ini memiliki bunga yang bentuknya seperti bunga Sakura. Tanaman pucuk merah dan pohon tabebuya ini yang nantinya akan menciptakan suasana desa yang asri dan indah.

 

Menurut Ketua Komunitas Sidoarjo Positif, Satya Adhi Wicaksana, kegiatan ini memang untuk meningkatkan

Teks Foto : Public Relation Manager Lapindo Brantas Inc, Arief Setyo Widodo (tengah) dan Ketua Komunitas Sidoarjo Positif, Satya Adhi Wicaksana.

Teks Foto : Public Relation Manager Lapindo Brantas Inc, Arief Setyo Widodo (tengah) dan Komunitas Sidoarjo Positif.

kesadaran masyarakat akan pentingnya kualitas hidup sehat dan lingkungan bersih. Wilayah desa diharapkan akan semakin asri dan indah dengan ditanamnya pucuk merah dan pohon tabebuya tersebut.

 

“Melalui Gerakan Solidaritas Pemuda Kreatif (Gesper), desa ini akan diubah menjadi lingkungan Desa Binaku (bersih, indah, nyaman, aman, kreatif, dan unik),” kata Satya, Rabu (25/7/2018).

 

Sebelumnya, Sidoarjo Positif  yang diisi komunitas anak-anak muda ini juga sudah melakukan sejumlah kegiatan bermanfaat. Di antaranya adalah kegiatan Ngaji Medsos di sekolah untuk menangkal berita hoax serta penyuluhan kesehatan. Komunitas ini juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan pembuatan kue kering beserta pemasarannya secara online.

 

Disampaikan oleh Public Relation Manager Lapindo Brantas Inc, Arief Setyo Widodo, bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan Sidoarjo Positif untuk peduli lingkungan ini. Kegiatan tersebut juga merupakan wujud nyata komitmen Lapindo terhadap lingkungan desa sekitar wilayah operasi pengeboran.

 

“Kami berharap inisiatif yang baik ini dapat menciptakan lingkungan desa yang lebih bersih dan sehat untuk masyarakat desa,” tegas Yoyok sapaan akrab Arief Setyo Widodo. (dar)

 

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Lapindo dan Komunitas Sidoarjo Positif Peduli Lingkungan"