Abah Ipul Bagikan 60 Ribu Sertifikat Massal Gratis Program PTSL Tahun 2018

SIDOARJO – MNS.COM

Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah membagikan 60 ribu sertifikat massal gratis. Namun pembagian diserahkan secara simbolis oleh  bupati sebanyak 117 bidang sertifikat. Program sertifikat massal ini merupakan program lama yang dinamakan Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria).  Prona diganti PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap). PTSL Tahun 2018 baru selesai dan diserahkan ke

Teks Foto : Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah, SH, M.Hum saat membagikan sertifikat massal gratis Program PTSL Tahun 2018, sebanyak 60 ribu bidang. (foto : kaji dar/mns.com)

warga Sidoarjo di Pendapa Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jum’at (25/1/2019).

Pembagian sertifikat dihadiri oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo, Humaidi. Penerima sertifikat dari masing-masing perwakilan desa. Yang didampingi oleh kepala desa (kades) dan camat di 18 kecamatan.

Abah Ipul sapaan akrab H Saiful Ilah mengatakan, sertifikat yang dibagikan ini merupakan kepengurusan sertifikat secara massal atau program PTSL di Tahun 2018 lalu. Ada sebanyak 60 ribu bidang tanah yang terselesaikan berasal dari 39 Desa se Kabupaten Sidoarjo.

“Hari ini secara simbolis saja, saya menyerahkan sebanyak 117 bidang sertifikat kepada warga Sidoarjo,” tegas Abah Ipul.

Ia menambahkan, untuk sisa sertifikat yang belum diberikan pada hari ini, selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat dalam waktu dekat. Dan ditargetkan sebanyak 60 ribu bidang sertifikat PTSL Tahun 2018 harus sudah selesai semua ditahun  ini.

“Karena di Tahun 2019 ini BPN Sidoarjo sudah menerima kepengurusan untuk PTSL Tahun 2019 sebanyak 50 ribu bidang tanah. Dan harus selesai di Tahun 2019 dan diberikan di Tahun 2020 mendatang,”terang Abah Ipul.

Kapala BPN Sidoarjo, Humaidi menjelaskan setelah menyelesaikan PTSL Tahun 2018 yang diserahkan di Pendapa. Selanjutnya ia akan menyerahkan secara serentak ke masing-masing desa.”Penyerahan secara simbolis 117 bidang sertifikat di Pendapa Delta Wibawa. Selanjutnya, secara serentak kami serahkan ke masing-masing desa. Dari 39 desa sebanyak 60 ribu bidang sertifikat,”jelas Humaidi.

Ia menambahkan, untuk sertifikasi tanah aset yang diberikan pada hari ini berupa tanah TKD (tanah kas desa) sebanyak 183 bidang tanah, tanah untuk Rel Kereta Api sebanyak 7 bidang tanah dan aset-aset pemerintah lainnya yang untuk fasilitas umum seperti sekolahan dan rumah sakit wilayah barat.

“Tanah aset Pemkab Kabupaten itu berupa sekolah SMPN, rumah sakit wilayah barat dan lain-lain sudah kita serahkan bersama PTSL tadi,”beber Humaidi. (dar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *