Gafatar Pernah Tinggal di Perum Delta Sari Sidoarjo

 Headline, Indeks Berita, Politik Pemerintahan

 

Teks Foto : Rumah inilah pernah dijadikan markas Gafatar. (foto : mus purmadani)

Teks Foto : Rumah inilah pernah dijadikan markas Gafatar. (foto : mus purmadani)

*Sholat Jumat, Gafatar Bernyanyi, Nyaris Dibubarkan Warga

SIDOARJO(MediaNusantaraSatu.com)

Rumah yang terletak di Perum Delta Sari Blok R No. 194 di desa Kureksari Rt 08/08 Kecamatan Waru Sidoarjo ini, pernah dijadikan tempat sekretariat Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) Perwakilan Sidoarjo. Namun menurut Kartiwi, warga setempat, rumah tersebut sudah lama ditinggalkan sejak lima bulan yang lalu.

“Dulu ada papan nama yang bertuliskan Sekretariat Gerakan Fajar Nusantara Perwakilan Sidoarjo, namun dua bulan yang lalu sudah dicopot,” ujarnya.

Kartiwi menjelaskan rumah tersebut dihuni oleh 4 sampai 5 orang. “Tapi kalau ada kegiatan bisa mencapai 60 sampai 70 orang yang usianya masih muda,” ujarnya.

Yang membuat resah warga menurut warga adalah kegiatan yang dilakukan biasanya dilakukan pada hari jumat. Hal tersebut membuat warga yang hendak sholat jumat terganggu. Terlebih lokasi rumah tersebut hanya berjarak 100 meter dengan masjid.

“Ketika warga sholat jumat mereka kadang menyanyi. Pernah kegiatan tersebut hampir dibubarkan oleh warga yang terganggu,” katanya.

Sementara seorang perangkat Desa Kureksari Kecamatan Waru, yang tidak mau disebut namanya mengaku jika di desanya ada sekitar 10 pengikut Gafatar. Ada 3 warga pengikut Gafatar yang secara resmi mengajukan surat pindah ke Kalimantan. Sementara 7 lainnya pindah secara diam-diam. Bahkan sekretaris Desa Kureksari pun mengundurkan diri dari sekdes menjadi pengikut Gafatar.

Gafatar di Kabupaten Sidoarjo tercatat di kantor Bakesbangpol tahun 2011. Sekretariatnya di Jalan H. Syukur No 11 RT 10/5 Desa Sedati Gede Kecamatan Sedati Sidoarjo. Namun tahun 2012, sekretariat dipindah ke Jalan Malik Ibrahim No 24 Sidoarjo Kota dan tahun 2013 sekretariat dipindah Perum Delta Sri Blok R No 194 Desa Kureksari Rt 8/8 Kecamatan Waru Sidoarjo. (mus purmadani)