Hasil Hearing Komisi A, Satu Bulan Lagi M Fanani Dilantik Jadi Perangkat Banjar Kemuning

SIDOARJO – MNS.COM

M Fanani Fajar Irawan warga Banjar Kemuning Kecamatan Sedati yang terpilih seleksi penjaringan perangkat desa, sebulan lagi bakal dilantik. Keputusan ini hasil rekomendasi Komisi A DPRD Sidoarjo dalam hearing (dengar pendapat) mengundang Kepala Desa (Kades) Banjar Kemuning, Camat diwakili Sekcam, Dinas PMD (Pemerintahan Masyarakat Desa) dan Bagian Hukum Pemkab.

Sementara pihak pengadu dihadiri oleh M Fanani Fajar Irawan didampingi Tri Endroyono (keluarganya) secara kebetulan dari ormas HMPI (Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia) Sidoarjo. Dari pihak panitia seleksi penjaringan perangkat desa baik anggota dan Muhammad Sholeh, M.Pd. selaku ketua, disayangkan tidak hadir.

Ketua Komisi A, H Taufiqulbar yang memimpin haering bersama anggota, M Haris, mengatakan, setelah memberikan kesempatan kepada perwakilan instansi terkait memberikan pendapat dan argumennya. Tentang tidak ada larangan saudara atau suami istri bekerja di pemerintahan desa.

“Maka instansi terkait harus segera melantik M Fanani Fajar Irawan sebagai kasi pemerintahan dan Hendrik Miftahudin sebagai kasi perencanaan. Karena tahapan seleksi sudah benar dan menggunakan dana desa. Kalau ada pihak-pihak yang ingin menggelar ulang seleksi penjaringan perangkat desa, bahkan ada yang ingin membiayai penjaringan. Ini nanti malah tidak benar dan ada temuan,”tegas Taufiqulbar, Senin (21/1/2019) dihadapan para instansi yang diundang hearing.

Oleh sebab itu, politisi dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini menambahkan, tugas anggota dewan adalah untuk melakukan pengawasan. Dan juga aparatur pemerintahan dari instansi Pemkab harus bisa memberikan patokan payung hukum. Yang benar katakan benar. Dan yang salah katakan salah.

“Apalagi ini tahun politik, jangan sampai ditunggangi oleh pihak ketiga. Yang salah dibuat benar. Dan yang benar dibuat salah. Terutama ini permasalahan seharusnya sudah ditingkat panitia desa, kepala desa dan camat sudah selesai,”harap Taufiqulbar.

Mencermati masalah itu, Taufiqulbar memberikan target kepada instansi terkait agar menyelesaikan masalah ini sebelum pemilu. Akhirnya, Probo dari PMD menyatakan sekitar satu bulan bisa dilantik. Yakni sekitar 21 Februari mendatang.

Taufiqulbar yang saat ini nyaleg dari PBB Dapil Sidoarjo, Buduran, Sedati memberikan contoh bahwa soal jabatan suami-istri dan saudara. Baik di lembaga negeri dan swasta itu diperbolehkan. “Calon kepala desa saja, kalau calon nya tunggal. Istri boleh didaftarkan supaya tidak melanggar regulasi,”beber Taufiqulbar.

M Haris anggota Komisi A mempunyai pendapat yang sama dengan pimpinan hearing. Bahwa persoalan ini muncul karena panitia desa tidak segera membuat berita acara tentang hasil akhir seleksi. Berita acara seharusnya diberikan kepada kepala desa. Dan kepala desa melanjutkan melaporkan ke camat.

“Regulasi ini tidak dilakukan oleh panitia dan kepala desa tidak meminta pertanggungjawaban panitia. Padahal, uang yang digunakan untuk seleksi perangkat desa uang desa. Bukan uang pribadi kepala desa,”jelas Haris.

Saat mendapat pertanyaan itu, Kades Zainul Abidin mengaku bahwa panitia meminta waktu karena ada warga yang mempersoalkan hasil seleksi tersebut. Karena sudah ada keputusan rapat bersama ini, ia juga akan segera melakukan itu.

Sebelumnya, Tri Endroyono menyampaikan aspirasinya bahwa pihak kecamatan dan kepala desa harus bisa meredam dan menjelaskan warganya. Karena dia sudah mengantongi bukti-bukti teror yang dilakukan oleh pihak tertentu. Melakukan menyebar selebaran yang intinya menuduh pihak Unesa bermain mata dengan Fanani.

“Kalau Fanani tidak segera dilantik. Maka proses hukum akan kami lakukan. Maka akan diketahui siapa yang menyebar selebaran fitnah. Tapi kami mengedepankan untuk mencari solusi dahulu,”ungkap Tri Endroyono. (dar)

Teks Foto : M Fanani Fajar Irawan perangkat desa Banjar Kemuning Sedati yang terpilih seleksi saat mengadu ke Komisi A. (foto : kaji dar/mns.com)

Teks Foto : Ketua Komisi A, H Taufiqulbar saat memimpin hearing. (foto : kaji dar/mns.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *