Istri Bupati Imbau Masyarakat Gemar Makan Ikan

 Headline, Indeks Berita, Politik Pemerintahan

SIDOARJO – MNS.COM 

Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) terus digelorakan Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya dengan menggelar lomba Masak Serba Ikan yang diselenggarakan Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo di pendopo Delta Wibawa pagi tadi, Rabu, (13/12/2017). Pesertanya ibu-ibu PKK 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Penilaian dilakukan oleh dewan juri dari praktisi Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Jawa Timur serta Asosiasi Chef dan Ahli Gizi Surabaya. Kegiatan tersebut dibarengi dengan lomba melukis bagi SMA/SMK. Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo yang juga ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) Kabupaten Sidoarjo Hj. Anik Saiful Ilah hadir membuka lomba tersebut.

 

Hj. Anik Saiful Ilah dalam sambutannya mengatakan membudayakan gemar makan ikan kepada masyarakat butuh gerakan nyata. Upaya tersebut juga perlu dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan. Salah satunya melalui lomba  masak serba ikan seperti ini. Melalui lomba tersebut ia berharap ibu-ibu PKK dapat menciptakan variasi menu berbahan ikan yang lebih kreatif dan inovatif.

 

Istri Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tersebut juga mengatakan sumber daya alam perikanan di Kabupaten Sidoarjo sangat melimpah. Sehingga kebutuhan ikan masyarakat Sidoarjo dapat terpenuhi. Namun belum semua masyarakat Sidoarjo gemar makan ikan. Padahal ikan merupakan salah satu produk pangan yang mengandung protein tinggi. Selain itu ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh Omega 3 yang mampu meningkatkan kecerdasan otak. Protein ikan juga mengandung asam amino berkualitas tinggi dan mengandung kolesterol yang rendah dan sehat untuk dikonsumsi. Untuk itu Gemarikan perlu terus dilakukan oleh semua pihak.

 

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Sidoarjo Ir. Muhammad Soleh, M.Si mengatakan diselenggarakan lomba Masak Serba Ikan untuk memasyarakatkan makan ikan di Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan merupakan program nasional yang perlu didukung. Untuk itu ia berharap melalui lomba seperti ini konsumsi ikan masyarakat Sidoarjo dapat meningkat.

 

Salah satu dewan juri dari Asosiasi Chef dan Ahli Gizi Surabaya Ari Indrama Wiyanto mengatakan ada lima unsur penilaian dalam lomba masak serba ikan kali ini. Diantaranya kreatifitas, higiene sanitasi, citarasa, penyajian dan nilai gizi. Ia katakan dari keseluruhan masakan yang disajikan peserta lomba sudah bagus. Namun masih dibutuhkan sedikit sentuhan kreasi masakan. Pasalnya menu yang disajikan sebagaian besar merupakan menu yang sudah ada. Belum banyak kreasi inovasi menciptakan menu baru yang disajikan oleh peserta.

 

“Presentasinya ini masih banyak mengambil dari menu-menu yang sudah ada, kalau saya bilang kreasi yang baru hasil sendiri masih kurang,”ujarnya.

 

Ari Indrama Wiyanto menyambut baik terselenggaranya kegiatan seperti ini. Melalui lomba seperti ini ia berharap sosialisasi gemar makan ikan dapat tersampaikan di masyarakat.

 

Sementara itu dalam lomba Masak Serba Ikan kali ini, juara pertama diraih TP-PKK Kecamatan Sidoarjo. Sedangkan juara kedua diraih TP-PKK Kecamatan Krian dan juara ketiga diberikan TP-PKK Kecamatan Jabon. Masing-masing peserta berhak mendapatkan tropy dan uang pembinaan serta hadiah hiburan. Juara pertama mendapatkan Rp. 3 juta, juara kedua Rp. 2,5 juta dan juara ketiga Rp. 2 juta. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan juara harapan satu dan dua. (dar)

Istri Bupati Sidoarjo, Hj Anik Saiful Ilah saat meninjau olahan ikan. (foto : darianto/mns.com)