Kades Diminta Hati-hati Kelola Dana Desa

 Headline, Indeks Berita, Politik Pemerintahan

SIDOARJO – MNS.COM

Kepala Desa (Kades) Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo, H Warlheiyono diminta hati-hati dalam mengelola dana desa (DD). Karena DD saat ini jumlahnya sangat besar, sekitar Rp 800 juta sampai Rp 1,2 miliar. Harus dikelola yang transparan.

“Penggunaan dana desa harus melalui musyawarah,”tegas Camat Sidoarjo, Agus Maulidy, Rabu (9/5) saat menghadiri serahterima jabatan (sertijab) dari Pjs (penjabat sementara), Iswadi Pribadi untuk dijabat kembali oleh H Warlheiyono.

Pesan itu disampaikan oleh Agus Maulidy mengutip pidato Bupati Saiful Ilah saat melantik 68 kades di Pendapa Delta Wibawa.” Pesan pak bupati lainnya, kades dilarang mengembalikan hutang memakai uang desa,”ungkap Agus Maulidy.

Pesan bupati ada 5 hal yang harus diperhatikan kades saat ini. 1. Karena sudah terpilih mendapat kepercayaan masyarakat. Maka kades harus memberikan bukti nyata karyanya yang baik untuk mengabdi kepada masyarakat. 2. Hati-hati dalam mengelola dana desa. Harus transparan dan selalu bermusyawarah. Tidak boleh sembarangan. Karena dana desa sangat besar jumlahnya sekitar Rp 800 juta hingga Rp 1,2 miliar. 3. Tidak boleh mengembalikan hutang dengan uang desa. 4. Pelayanan kepada masyarakat harus lebih cepat. 5. Kades harus bekerjasama dengan semua lembaga desa, terutama dengan BPD (badan permusyawaratan desa)-nya.

H Warlheiyono menjabat kades Rangkah Kidul sudah tiga periode. Ini merupakan jabatan yang terakhir bagi H Warlheiyono. Oleh karena itu, Agus Maulidy mengucapkan, semoga H Warlheiyono bersama keluarga diberikan kesehatan. Sehingga bisa memimpin desanya berakhir dengan khusnul khotimah.

Kades H Warlheiyono diminta segera menyusun RPJMDes, perencanaan pembangunan desa 6 tahun kedepannya. Jika perencanaan pembangunan sudah disusun dengan baik, maka arah pembangunan 6 tahun kedepan sudah jelas.

Sementara Iswadi Pribadi mengaku senang bisa menjabat Kades Sementara Desa Rangkah Kidul selama kurang lebih 10 bulan. Sekretaris Camat (Sekcam) Sidoarjo itu menjabat sejak 12 Juli 2017.

Sedangkan H Warlheiyono sendiri mengaku mengambil tapuk kepemimpinannya kembali. Selama 10 bulan dititipkan kepada Sekcam Iswadi Pribadi yang merangkap jabatan sebagai penjabat sementara. Ia juga berjanji kepada masyarakat Rangkah Kidul untuk bersama-sama membantu membangun desanya.

“Tanpa dibantu sekretaris desa, perangkat, BPD, semua lembaga desa dan seluruh warga desa. Saya tidak ada artinya dan tidak mampu membangun desa sendirian,”kata H Warlheiyono.

Untuk menikmati rasa syukur karena merasa bahagia sudah dilantik menjabat kades lagi. H Warlheiyono berbagi kebahagiaan dengan anak yatim piatu. H Warlheiyono memberikan sedikit rejekinya kepada anak yatim piatu.(dar)

Teks foto: Kades H Warlheiyono saat berbagi kebahagiaan kepada anak yatim piatu dikantor Desa Rangkah Kidul usai sertijab. (foto : darianto/mns.com)