Lima Jabatan Strategis Dikosongkan

SIDOARJO-MNS.COM

Sebanyak 226 pejabat eselon II, III dan IV serta puluhan Kepala UPT Puskesmas dimutasi Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, Rabu (9/1/2019). Mutasi yang digelar di Pendopo Delta Wibawa ini, merupakan hasil pembahasan tim badan pertimbangan kepangkatan dan jabatan (Baperjakat) Pemkab Sidoarjo. Bahkan dalam mutasi pejabat di awal Tahun 2019 ini, rapatnya hingga pukul 02.30 WIB.

Sejumlah pejabat yang dimutasi itu, diantaranya Sigit Setyawan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas PUPR menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHK), Kepala BKD Sri Witarsih digeser menjadi Asisten Umum dan Kepagawaian, Kepala Dinsos Yusuf Isnayanto menjabat Staf Ahli Bupati, Kepala Inspektorat Eko Udjiono menjabat Kepala Dinsos, Kepala Disperindag Fenny Apridawati menjabat Kepala Disnaker, Kepala Dinkes dr Ika Harnasti menjabat Kepala BP3 KB, Ali Imron Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Ari Suryono kepala DPM PTSP, Sulaksono Kepala Dinas PU Permukiman serta Sekretaris Bakesbang, Zainul Arifin menjadi Kabag Kesra Pemkab Sidoarjo.

Sedangkan lima jabatan strategis/kepala OPD lainnya di kosongkan Bupati Sidoarjo. Diantaranya Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan, Kepala Disperindag, Kepala Dinkes, Kepala Inspektorat dan Kepala BKD Pemkab Sidoarjo.

“Untuk jabatan yang kosong sudah diisi Plt. Plt ini pasti mampu karena kebanyakan tidak diisi orang dari luar dinas. Kebanyakan diisi Sekretaris Dinas itu sendiri,” tegas Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Lebih jauh ditanya soal pengisian 5 jabatan dinas strategis itu, kata Bupati bakal diisi sekitar 2 bulan mendatang. Alasannya, 5 jabatan kosong itu harus dilelang terlebih dahulu.

“Mutasi ini sesuai dengan kemampuan pejabat masing-masing sesuai kompetensinya. Meski semalam untuk mutasi ini rapat baru selesai sekitar pukul 02.30 WIB dini hari,”terangnya.

Lanjut bupati, ia mengatakan bahwa mutasi ini merupakan penyegaran untuk pelayanan kepada masyarakat Sidoarjo dan Indonesia pada umumnya. “Bukan berarti saya tidak senang dengan pejabat saya saya mutasi. Saya senang dan cinta semua dengan pejabat saya. Tidak tebang pilih,”ujarnya mendapat aplaus para pejabat.

Sedangkan Sekda Sidoarjo, Akhmad Zaini mengakui untuk para pejabat eselon II yang dimutasi merupakan pejabat yang sudah cukup lama antara 9 sampai 10 tahun menduduki jabatannya. Namun untuk Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, M Saleh, kata Zaini luput dar

Teks Foto : Sebanyak 226 Pejabat Sidoarjo saat dilantik Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah di Pendopo Delta Wibawa. (Foto : kaji dar/mns.com)

i mutasi ini.

“Untuk Dinas Perikanan dan Kelautan luputlah. Kalau Dispenduk Capil itu harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Itu sesuai aturan ASN berkaitan dengan masalah e KTP,” tegasnya.

Mantan Kepala Bappeda ini memastikan pengisian 5 jabatan kosong yang diisi Plt bakal terisi 2 bulan ke depan sejak dibuka pendaftaran lelang jabatan.

“Pasti secepatnya akan kami isi. Proses (lelang) memakan waktu 2 bulan sejak pengumuman pembukaan hinggga pengumuman,”urainya. (dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *