Mahasiswi Cantik Unibraw Asal Waru Meraih Juara III Lomba Presentasi Bisnis Yang Digelar Pertamina

 Ekonomi Bisnis, Headline, Indeks Berita, Politik Pemerintahan

SIDOARJO – MNS.COM

Karir Ayu Dyah Hapsari (21) mahasiswi Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang Fakultas Ilmu Administrasi semester 6 terus meningkat. Baru-baru ini, pada 4 hingga 9 Mei, mahasiswi cantik nan smart asal  Perumahan Wisma Tropodo Jalan Anjasmoro Kepuhkiriman Kecamatan Waru meraih Juara III lomba presentasi bisnis yang digelar pertamina bernama  wow case competition.

Lomba itu menurut putri sematawayang dari Tetra Oktaviani guru SDN Kepuhkiriman itu diadakan oleh Markplus, Inc. Yaitu perusahaan konsultan marketing terbesar se Asia Tenggara. Pada lomba itu, Ayu bertiga bersama tim-nya.  Nama timnya dream catcher (Ayu Dyah Hapsari, Qurrata Ayun, Hanang Ilham Yohana).

“Lomba ini adalah lomba business case, yang mana kita disuruh jadi marketing consultant untuk menyelesaikan masalah client. Client nya pada waktu itu pertamina. Masalah dari pertamina adalah mereka punya aplikasi bernama pertamina go, yang berfungsi menunjukkan lokasi SPBU terdekat, disertai info promo-promo produk SPBU. Angka install sebanyak hampir 12. 000 tapi angka uninstall sekitar 8.500,”jelas Ayu, Jumat (19/5).

Kemudian Ayu bersama timnya dan peserta lainnya ditugasi menganalisis masalah tersebut dan memberi solusi pada pertamina. Lomba dilangsungkan mulai tanggal 4-9 Mei di Grand Atrium Kota Kasablanka. “Pada lomba itu ada 4 babak,”ungkap Ayu.

  1. Rocket pitch (presentasi secara jelas dan singkat mengenai hasil analisis dan rekomendasi masing-masing tim dengan waktu hanya 4 menit saja dan menggunakan metode presentasi “peca kuca” yaitu kita tidak bisa mengontrol sendiri slide yang kita presentasikan, karena setiap 20 detik akan berganti ke slide berikutnya) alhasil harus menentukan kata-kata yang tepat dan cepat agar tidak membuang waktu. “ Tapi alhamdulillah kami tepat di 4 menit dan tidak kekurangan waktu. Kemudian 1 menit untuk tanya jawab dengan juri .

 

  1. Presentasi video (sebelum berangkat ke jakarta kami ditugasi membuat video iklan pertamina go yang berdurasi tidak lebih dari 1 menit kemudian dikirimkan ke panitia), namun di hari kedua lomba masing-masing tim disuruh mempresentasikan maksud dan alasan kita mendesain video iklan seperti yang telah dikumpulkan dengan waktu 2 menit presentasi. Kemudian 1 menit sesi tanya jawab dengan juri.

 

  1. Hari ke tiga kami diberi mystery challenge yang harus diselesaikan, dan berputar otak dengan maksimal sesuai kreativitas kita masing-masing untuk menemukan solusinya.

Kemudian presentasi dengan waktu 4 menit dengan metode peca kuca seperti pada hari 1. Pada babak ini tim kami berhasil meraih ranking 1 dari tim lain.

Hari ke 3 adalah pengumuman top 5 yang akan melaju ke grand final.

“Oh iya jumlah peserta dari 350 tim, diambil 16 yang berngkat ke jakarta, terus diambil 5 untuk grand final) kami lolos ke top 5. Kemudian mendapat mentoring untuk memberi saran-saran pada presentasi kami,”terangnya.

 

  1. Grand final tanggal 9 Mei, kami lolos ke top 5 dan presentasi hasil diskusi kami untuk final, yang dipresentasikan disini adalah program yang kami tawarkan secara keseluruhan termasuk revisi-revisi yang kami lakukan. Disini diberi waktu 10 menit presentasi dan 8 menit sesi tanya jawab dengan juri.

 

“Jam 3 sore pengumuman dan kami mendapat juara ke 3,”ulasnya, padahal awalnya berharap bisa meraih juara satu. (dar)

Teks Foto : Ayu Dyah Hapsari bersama tim-nya meraih Juara III lomba presentasi bisnis yang digelar Pertamina di Jakarta. (foto isimewa for MNS.COM)

Teks Foto : Ayu Dyah Hapsari bersama tim-nya meraih Juara III lomba presentasi bisnis yang digelar Pertamina di Jakarta. (foto isimewa for MNS.COM)