Mensos Monitoring Penyaluran PKH Non Tunai di Waru

 Headline, Indeks Berita, Politik Pemerintahan

 

SIDOARJO – MNS.COM

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI), Khofifah Indar Parawansa menggelar monitoring pembagian dan penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai

Program Keluarga Harapan (PKH) yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Senin (19/06/2017) petang. Selain itu juga mengenalkan bantuan itu agar warga mengenal dunia perbankan lantaran bantuan PKH tidak diberikan secara tunai melainkan melalui bank dilengkapi ATM yang bisa diambil total sampai habis tanpa meninggalkan saldo.

Penyaluran PKH senilai Rp 500.000 per penerima itu merupakan pencairan tahap kedua selama Tahun 2017. Sebelumnya, pencairan itu dilaksanakan awal Tahun 2017 kemarin.

“Ini bagian dari monitoring. Tidak hanya saya tapi juga Presiden melaksanakan monitoring. Karena bantuan non tunai ini mengedukasi warga soal perbankan, ATM, dan Agen Perbankan. Termasuk pendistribusian di kota dan desa serta di Jawa dan diluar Jawa,” terang Khofifah Indar Parawansa, Senin (19/06/2017).

Selain itu, monitoring itu juga untuk menyiapkan 10.000 juta penerima di Tahun 2019 sekaligus agar tercapai target penerima PKH mencapai nol persen. Apalagi bantuan non tunai dan pangan non tunai menjadi perhatian bank dunia sekaligus 72 negara anggotanya.

“Karena PKH atau cash transfer diluar negeri sasarannya kalangan menengah di Indonesia justru kalangan bawah,” imbuhnya.

Oleh karenanya, mantan Cagub Jatim ini meminta penerima PKH tidak menghabiskan uang bantuan untuk Idul Fitri. Alasannya PKH itu untuk kepentingan pendidikan anak-anak penerima PKH.

“Agar semua berjalan sesuai harapan. Memang bukan untuk belanja lebaran,” tegasnya.

Sementara dalam acara itu, selain ada contoh penarikan uang tunai lewat ATM, juga menggunakan agen bank dan  melalui pencairan manual menggunakan buku tabungan. Hal itu diperagakan ratusan penerima PKH asal Waru dan Bank BNI sebagai bank pelaksana pencairan PKH. (wan/dar)

Foto : MNS.COM/Wawan BAGIKAN - Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa membagikan  dan menyurkan Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Pendopo Kecamatan Waru, Senin (19/06/2017) petang.

Foto : MNS.COM/Wawan
BAGIKAN – Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa membagikan dan menyurkan Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Pendopo Kecamatan Waru, Senin (19/06/2017) petang.

dar-khofifah