Pengeboran Minyak Harus Diawasi

 Headline, Indeks Berita, Politik Pemerintahan

 

 

*Supaya Tidak Terjadi Kebocoran Hasil Minyak Untuk Negara

Teks Foto : Wakil Ketua Dewan, Emir Firdaus, ST, MM

Teks Foto : Wakil Ketua Dewan, Emir Firdaus, ST, MM

SIDOARJO(MediaNusantaraSatu.com)

Wakil Ketua DPRD Sidoarjo, Emir Firdaus, ST, MM meminta kepada pemerintah untuk mengawasi pengeboran minyak di Tanggulangin 1 (TGA-1), Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin. Pengeboran minyak itu harus diawasi karena menyangkut hajat hidup orang banyak untuk sumber kekayaan negara.

“Pengeboran yang dulu tidak pernah diawasi. Sehingga patut ada kecurigaan kebocoran penghasilan pengeboran minyak. Sekarang pengawasannya harus ekstra ketat,”pinta salah satu pimpinan dewan dari Partai PAN ini, Sabtu (9/1/2016).

Teknis untuk mendeteksi bencana akibat salah pengeboran seperti yang terjadi semburan lumpur beberapa tahun silam hingga sekarang belum berhenti. Kontraktor pengeboran yang ditunjuk pemerintah harus mampu menangani segalanya. “Terutama mendeteksi didalam tanah sekitar area semburan lumpur terjadi gunung lumpur atau tidak. Jangan sampai pengeboran minyak kali kedua, terjadi bencana lagi seperti gunung lumpur,”jelas Emir.

Masyarakat Sidoarjo terutama area terdampak semburan lumpur masih trauma dengan musibah semburan lumpur. “Eksplorasi minyak ini harus benar-benar aman bagi masyarakat. Tidak merugikan masyarakat lagi,”kritik Emir.

Emir berpendapat kontraktor pengeboran minyak yang dipilih pemerintah paling tidak sekelas Exxon Mobil kontraktor luar negeri untuk pengeboran minyak di Cepu Bojonegoro. “Jika kontraktornya dari luar negeri. Saya yakin akan mampu dan profesional dalam penanganan pengeboran. Hasil kekayaan negara juga tinggi dan tidak merusak lingkungan hidup disekitar,”pungkasnya. (dar)