Permintaan Izin Poligami di Sidoarjo Meningkat

 Gaya Hidup, Headline, Indeks Berita

 

foto : ilustrasi ijab kabul/editor : h darianto

foto : ilustrasi ijab kabul/editor : h darianto

*Rata-Rata Lelaki Berusia di Atas 40 Tahun Berpenghasilan Cukup Tinggi

SIDOARJO(MediaNusantaraSatu.com)

Di Sidoarjo, tak hanya perceraian yang meningkat. Akan tetapi permintaan izin menikah lagi atau yang lebih akrab disebut poligami meningkat. Di tahun 2014, ada 15 permintaan ijin poligami. Namun pada tahun 2015, permohonan poligami ini justru meningkat menjadi 23 pengajuan.

Panitera PA Sidoarjo, Kusnadi mengatakan, dari 23 pengajuan hanya 21 yang diputuskan oleh Hakim. Sebelum memberi putusan tentang izin poligami, pihaknya terlebih dulu memberi kesempatan kepada pemohon dan termohon untuk mediasi.

Ia mengatakan semua yang mengajukan izin poligami rata-rata berumur diatas 40 tahun dan hampir seluruhnya memiliki penghasilan yang cukup tinggi. Alasan pengajuan poligami ini pun beragam, ada yang karena istrinya tidak memiliki keturunan. Namun tak sedikit pula yang terlanjur menghamili wanita lain agar mendapatkan izin dari istrinya.

“Meskipun begitu, kalau ekonominya dinilai kurang mencukupi ya tidak disetujui oleh hakim,” ujar Kusnadi.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 9 tahun 1975 ada tiga alasan yang bisa diterima saat suami mengajukan poligami. Yakni, istri yang tidak bisa menjalankan kewajibannya sebagai istri. Lalu, istri yang mengalami cacat badan atau penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Dan yang terakhir adalah istri yang tidak bisa memberikan keturunan.(mus)