Polda Jatim Pilih Duta Humas

 Headline, Hukum & Kriminal, Indeks Berita, Politik Pemerintahan

SIDOARJO (MediaNusantaraSatu.com)

Jangan kagum kalau tiap hari melihat dua cewek berparas cantik, ramah dan murah senyum saat menerima tamu di Bidang Humas Polda Jatim. Dua cewek yang selalu mengenakan slempang Duta Humas Polda Jatim itu masih berstatus mahasiswi.
Kedua cewek yang direkrut menjadi Duta Humas adalah Intan Pambudi (20), mahasiswi semester IV Fakultas Hukum Ubaya dan Mentari Dharmaning Pertiwi (23), mahasiswi semester akhir Fakultas Managemen UPN. Mereka akan melayani masyarakat di Front Office ruang Pengumpulan Informasi dan Data (PID) Humas Polda Jatim.
Intan dan Mentari juga akan mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Anton Setiadji atau para direktur saat menggelar press release di Bid Humas Polda Jatim. Bahkan Duta Humas itu akan mendampingi kapolda saat menerima kunjungan dari luar.
Kasubdit Penmas Polda Jatim, AKBP Eddwi Kurniyanto, menjelaskan tidak semua informasi yang ada di kepolisian bisa disosialisasikan ke masyarakat. Makanya ada batasan yang bisa dan tidak diinformasikan kepada publik.
Misalnya, yang bisa diinformasikan oleh Duta Humas Polda Jatim kepada publik seperti

Teks Foto : Duta Humas Polda Jatim, Jumat (29/1). (foto : anm)

Teks Foto : Duta Humas Polda Jatim, Jumat (29/1). (foto : anm)

penerimaan calon Polri. Mulai apa saja syarat pendaftaran masuk polisi. “Hal seperti inilah yang harus disosialisasikan oleh Duta Humas ke masyarakat dan di sekolah-sekolah, pondok pesantren, bahkan sampai ke perguruan tinggi,” ujarnya.
Tidak itu saja, Duta Humas juga harus tahu perkembangan dunia wisata di Jatim dan lokasinya. Karena tidak menutup kemungkinan tamu kepolisian dari daerah lain atau luar negeri yang ingin tahu wisata di Jatim. “Sebagai Duta Humas harus tahu atau menguasai semuanya. Tentunya itu sudah kami didik dan bina untuk menguasai itu semua,” terangnya.
Duta Humas yang dimiliki tentunya harus banyak belajar tentang institusi di kepolisian. Duta Humas juga harus tahu  lokasi atau Kantor Satuan Kerja (Satker) yang ada di lingkungan Mapolda Jatim. Seperti Satker Ditreskrimum, Ditreskrimsus, Ditnarkoba, Ditintelkam, Ditlantas, Sekretaris Umum (Setum) dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), tempat pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) termasuk Gedung Mahameru dan Gedung Rupatama plus ruang kerja Kapolda Jatim dan Waka Polda Jatim.
“Ini pengalaman baru bagi person Duta Humas. Perlu diketahui, fungsi sekaligus tugas humas sebagai bank data atau bisa juga pusat informasi,” ungkapnya.
Humas juga bisa dikatakan sebagai juru bicara pimpinan terdepan untuk menyampaikan berbagai informasi. Untuk bisa memiliki wawasan luas, terlebih dahulu diberi pelatihan terkait sedikit banyak tentang kepolisian.
Proses perekrutan Duta Humas yang dilakukan tidak sembarangan. Syarat utamanya adalah memiliki pengetahuan luas, etika berkomunikasi baik dan bisa memahami apa yang sedang dijalankan atau diberi mandat dan tugas. “Dua mahasiswa ini yang memenuhi syarat,” kata AKBP Eddwi.
Mentari Dharmaning Pertiwi (23), mahasiswi semester akhir Fakultas Managemen UPN yang ditemui saat peluncuran Duta Humas mengaku senang. Karena sebagai Duta Humas adalah dunia baru baginya. “Apa salahnya kalau mencoba kemudian terpilih. Ibaratnya tugas ini adalah amanah yang harus diemban dan ditularkan ke masyarakat,” ucap Mentari. (anm/h darianto)