Reskrim Polres Sidoarjo Gulung 2 Pelaku Spesial Pembobol Rumah

 Headline, Hukum & Kriminal, Indeks Berita
Teks Foto : Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Muhammad Wahyudin Latif (tengah), didampingi Kasubag Humas, AKP Samsul Hadi (kanan) dan Kasi Pidum Iptu Hafidz (kiri) gelar ungkap kasus 2 pelaku spesialis pembobol rumah yang meresahkan warga. (foto : h darianto)

Teks Foto : Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Muhammad Wahyudin Latif (tengah), didampingi Kasubag Humas, AKP Samsul Hadi (kanan) dan Kasi Pidum Iptu Hafidz (kiri) gelar ungkap kasus 2 pelaku spesialis pembobol rumah yang meresahkan warga. (foto : h darianto)

*Terancam 7 Tahun Penjara

SIDOARJO (MediaNusantaraSatu.com)

Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sidoarjo berhasil menggulung 2 pelaku spesialis pembobol rumah yang membuat resah warga selama ini. Pelaku tersebut berinisial JW (43) warga Durungbeduk Kecamatan Candi dan CS (43) warga Suruh Kecamatan Sukodono. Kedua pelaku ditahan di Mapolres Sidoarjo guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

 

Kedua pelaku dapat ditangkap saat membobol rumah milik Hadi Soelaiman warga Jalan Panglima Sudirman 84 Lebo Kecamatan Sidoarjo. Mereka diringkus sebelum menikmati barang-barang mewah bernilai ratusan juta hasil pencurian dengan pemberatan (curat) tersebut.

 

Aksi pencurian itu dilakukan ketika rumah korban kosong. Pemilik rumah saat itu ada keperluan diluar. Awalnya, rumah korban masih ada Suswati isteri Hadi. Namun Suswati juga keluar rumah ada kepentingan. Saat itulah para pelaku beraksi secara cepat.

 

Hadi pulang ke rumah dari tempat ia bekerja. Ia terkejut bukan kepalang, karena pagar dan pintu rumah dalam kondisi terbuka. Begitu masuk kedalam rumah, barang dalam rumah kondisinya acak-acakan. Termasuk lemari tempat menyimpan perhiasan tampak tak rapi lagi. Ia langsung menghubungi isterinya dan melaporkan kasus itu ke Polres Sidoarjo.

 

Keberhasilan penangkapan itu Selasa (19/1/2016) digelar di Mapolres Sidoarjo dipimpin Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Muhammad Wahyudin Latif, didampingi Kasubag Humas, AKP Samsul Hadi dan Kasi Pidum Ipda Hari.

 

Kasat Reskrim menyatakan, dalam melakukan aksinya, para pelaku melakukan survey, dan jika mendapati rumah kosong, langsung didatanginya.

 

“Untuk memastikan, kedunya mengetuk pintu rumah korban terdahulu. Setelah tidak ada jawaban, mereka beraksi dengan mencongkel jendela rumah korban dan menguras isi barang-barang berharga milik korban,” terang mantan Kasat Reskrim Polres Banyuwangi ini.

 

Dalam mengungkap kasus ini, pihaknya intensif memeriksa saksi-saksi dan mndapati ciri-ciri pelaku yang juga residivis kasus yang sama. Pelaku diamankan saat berada dirumahnya dan tidak mengelak sejumlah barang yang ada dirumahnya hasil pembobolan dari rumah korban.

 

“Sejumlah barang barang hasil pembobolan dan belum terjual, kami sita sebagai barang bukti.  Hasil barang yang sudah dijual, dibagi oleh kedua pelaku. Mereka kami jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang mempunyai ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkas AKP Wahyudin. (h darianto)