Usai Libur Panjang, Siswa SMA Sekolah Progresif Bumi Sholawat Jalani Tes Urine

 Gaya Hidup, Headline, Indeks Berita
URINE. Siswa SMA Sekolah Progresif Bumi Sholawat menyerahkan tabung berisi urinenya untuk diteliti petugas BNN Sidoarjo.(foto : MNS.COM/Dariyanto)

URINE. Siswa SMA Sekolah Progresif Bumi Sholawat menyerahkan tabung berisi urinenya untuk diteliti petugas BNN Sidoarjo.(foto : MNS.COM/Dariyanto)

 

Sidoarjo (MNS.COM) – Mengantisipasi merebaknya narkoba di kalangan pemuda dan pelajar, Sekolah Progresif Bumi Sholawat mewajibkan seluruh siswanya menjalani tes urine.

Selasa (17/01/2017) siang tadi, 44 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan dari seluruh kelas SMA di sekolah tersebut diambil sampel urine oleh petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.30 WIB. Satu persatu dari 50 siswa SMA yang didirikan KH Agoes Ali Mashuri (Gus Ali) itu masuk ke kamar mandi (toilet) untuk kencing.

Kemudian air kencingnya diambil sedikit dan dimasukan ke dalam tabung kecil yang disiapkan oleh petugas BNN Sidoarjo. Pengambilan sampel itu berjalan lancar hingga pukul 11.00 WIB.

Staf BNN Sidoarjo Bidang Rehabilitasi, Abdul Muklis

Staf BNN Sidoarjo Bidang Rehabilitasi, Abdul Muklis

Petugas BNN Sidoarjo Bidang Rehabilitasi, Abdul Muklis mengatakan sebelum melakukan tes urine, pihaknya memberikan penjelasan agar para siswa tidak mengkonsumsi obat-obat penyakit seperti, flu, batuk atau lainnya.

Sebab obat-obat tersebut bisa mempengaruhi tes urine. Karena para siswa tidak ada yang mengkonsumsi obat tersebut, langsung dilakukan tes urine. “Dan hasilnya seluruhnya negative,” terangnya.

Humas SMA Sekolah Progresif Bumi Sholawat, Hj Laily Agustin mengatakan tes urine ini dilaksanakan guna mencegah para siswa terlibat penyalagunaan narkoba. “Tes urine ini dilakukan setelah siswa libur panjang,” katanya.

Sementara itu Bahrul Huda, Guru Kesiswaan SMA Sekolah Progresif Bumi Sholawat mengatakan tes urine dilakukan agar siswa dilingkungan Sekolah Progresif Bumi Sholawat benar-benar bebas dari narkoba.

Setiap siswa yang ingin masuk Sekolah Progresif selama ini ada syarat pernyataan surat bebas narkoba dari rumah sakit domisili masing-masing siswa. “Kali ini dibuktikan dengan praktik tes urine. Guna memastikan siswa harus bebas narkoba,”ujar Huda.(dar/lud)