Selasa, 5 Maret 2024

Anak Betawi Yang Namanya Dikenal Sampai Luar Negeri

Siapa sangka sosok yang sangat sederhana dan bersahaja jauh dari kesan mewah tapi namanya mampu menembus luar negeri melalui karyanya.

Sosok itu bernama H. Bachruddin Ajid biasa di panggil H. Udin. Putra asli kelahiran Jakarta atau Betawi yang besar di kota Jogja.

Berasal dari Institute Seni Indonesia (ISI) Jogja, jiwa seninya hidup dan dihidupkan, lalu diarahkan dan dikembangkan yang menghasil karya-karya berkualitas. Mulai dari lukisan-lukisan yang terpajang dirumahnya, seni bangunan sampai menulis lirik lagu yang saat ini di bawakan oleh band bernama Santri Rock.

Semangat yang tak pernah kenal kata lelah, optimis dan yakin pada sebuah keberhasilan bagi mereka yang mau berjuang dengan sungguh-sungguh.

Beliau adalah murid dari ulama besar dan kharismatik Jawa Timur dari kalangan NU, yaitu KH. Agoes Ali Masyhuri biasa disebut Gus Ali Pengasuh Ponpes Bumi Shalawat Progressif , Sidoarjo

Dari sini beliau banyak belajar tentang ilmu agama yang tidak hanya sekedar teoritis saja, tapi juga dipraktekan dalam kehidupan melalui ujian – ujian hidup.

“Semakin ditekan semakin keluar potensinya”, dawuh Gus Ali, “bersahabatlah dengan masalah, hadapi dengan tenang. Banyak orang-orang menjadi besar dan sukses karena berangkat dari masalah” Sambung beliau.

“Karena dengan ujian hidup seseorang akan membuat rendah hati, sabar, jiwa maklum dan tentunya akan mengerti makna kehidupan ini”, Ujar H. Udin

Jiwa lembut H. Udin bisa kita temukan di lagu-lagu Santri Rock, hampir semua lirik yang beliau tulis mengandung estetika dan penuh makna

Tepatnya pada tahun 2013 silam, dimana lagu-lagu beliau yang dikemas dalam bentuk Compact Disc (CD) mampu menembus pasar internasional di dua negara Singapura dan Malaysia, tidak sampai disitu, Santri Rock masuk nominasi favorit pendatang baru “Planet Muzik” ajang penghargaan tahunan bagi industri musik

Keberhasilan beliau mampu membuka cakrawala sudut pandang semua orang, bahwa anak Betawi tidak hanya jago sembahyang dan mengaji saja, tapi bisa lebih dari itu

“Kalau kita berjuang di bidang seni (berkarya) sudah pasti nantinya bakal keluar negeri” tandas H. Udin dengan nada yakin.

Alhamdulillah sampai saat ini Santri Rock masih terus produksi lagu, dan Insya Allah dalam waktu dekat akan lounching single baru dan nantinya kalian semua bisa nikamati di digital platform

Selain mempunyai anak didik dimusik, beliau juga mempunyai anak didik yang duduk di DPR RI, DPRD DKI Jakarta dan para pengusaha baik yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan di Jakarta dan Lampung.

Berkat cara berfikir beliau yang visioning (seni melihat masa depan dengan menghidupkan kembali imajinasi, kreatifitas, inovasi, membuka hati dan pikiran serta terobosan baru) mampu memberikan arahan-arahan baik secara langsung maupun jarak jauh (by phone) kapada semua anak didiknya.

Yang artinya dari sosok beliau menginginkan anak-anak didiknya bisa sukses dan mampu memberikan manfaat baik kepada keluarganya maupun masyarakat luas nantinya.

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.