Selasa, 5 Maret 2024

Dipercaya Bisa Perjuangkan Aspirasi Nelayan, Cak Imin Dapat Dukungan Maju Pilpres 2024

Jakarta ~ Komunitas Nelayan Kepulauan Seribu (KNKS) menggelar deklarasi dukungan untuk Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin maju sebagai Calon Presiden (Capres) atau Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024. bertempat di pesisir pantai Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Kamis (22/6/2023).

Ahmad Munthoi, Koordinator Komunitas Nelayan Kepulauan Seribu menyatakan bahwa dukungan Capres 2024 untuk Gus Muhaimin atau Cak Imin diberikan karena Gus Muhaimin merupakan sosok politisi yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat desa dan kelompok masyarakat terpinggirkan, seperti para petani dan nelayan.

Menurut Munthoi, sebagai Wakil Ketua DPR RI bidang Kokesra maupun dalam kedudukannya sebagai Ketum DPP PKB Gus Muhaimin dinilai konsisten memperjuangkan nasib rakyat kecil. “Salah satunya Nasib pentani di desa dan komunitas nalayan di wilayah pesisir Indonesia. Karena itu, kami dari komunitas nelayan kepulauan seribu bulat mendukung Gus Muhaimin untuk maju sebagai capres maupun cawapres 2024,”ujar Ahmad Munthoi, usai membacakan deklarasi dukungan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Kamis (22/6/2023).

Butuh Kolam Labuh di Pulau Tidung

Sementara itu, Koordinator Lapangan Komunitas Nelayan Kepulauan Seribu, Suratno mengatakan pihaknya memiliki sejumlah aspirasi yang nantinya yakin bisa diperjuangkan oleh Gus Muhaimin. Antara lain, masalah kelangkaan bahan bakar solar, masalah kurangnya fasilitas dan alat seperti Kolam Labuh untuk para nelayan dalam mencari ikan, di Pulau Tidung, Kepulaun Seribu.

“Kami para nelayan kecil, sering dipersulit soal izin melaut. Izin ini, izin itu. Intinya kami ingin dipermudah dalam soal perizinan dan bisa mendapatkan subsisi bahan bakar minyak atau solar,” kata Suratno.

Masalah klasik lain, adalah harga jual dari hasil tangkapan para nelayan juga masih berada di bawah harga pasar. Hal ini membuat para nelayan sulit mendapatkan kesejahteraan, karena kalah bersaing dengan hasil laut yang dijual di supermarket.

“Hari ini kami mendukung Gus Muhaimin maju dalam pemilihan presiden 2024, karena kami yakin Gus Muhaimin bisa memperjuangkan aspirasi para nelayan,”ujar Suratno. (*)

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.