Senin, 15 April 2024

Soft Lounching LRT Jabodebek, Batal Gratis !!

LRT Jabodebek bakal memberlakukan tarif Rp1 saat soft launching pada 12 Juli 2023 mendatang.

Manajer Humas LRT Kuswardoyo mengatakan sejatinya tarif soft launching akan digratiskan. Namun, ada kendala teknis terkait sistem tiket elektronik.

“Awalnya memang akan digratiskan. Namun, sistem ticketing elektronik, seperti kartu multi trip dan lain-lain tetap memerlukan nominal transaksi saat tap in masuk ke stasiun sehingga nantinya akan tetap dikenakan biaya sebesar Rp1,” katanya kepada awak media (31/5/2023).

Kuswardoyo mengatakan metode pembayaran cashless yang digunakan saat soft launching adalah bagian sosialisasi kepada masyarakat. Ia menyebut masyarakat akan mendapatkan edukasi bagaimana penggunaan LRT Jabodebek, mulai dari mekanisme pembayaran dan alat pembayaran yang digunakan hingga proses naik turun di dalam perjalanan.

Ia menekankan soft launching atau joyride pada 12-15 Juli nanti hanya akan mengangkut penumpang dengan jumlah terbatas. Kendati, Kuswardoyo tidak merinci berapa kuota yang akan disediakan.

“Jadi, karena sistem pembayaran cashless yang mengharuskan ada nominal pada setiap kegiatan transaksi maka dengan terpaksa kami menyertakan pembayaran sebesar Rp1 pada saat tap in masuk ke stasiun. Meskipun pada awalnya kami memang berencana menerapkan pembayaran Rp0 (gratis),” tuturnya.

“Namun, agar mekanisme pembayaran dengan sistem tersebut dapat digunakan seperti saat operasional penuh nantinya, maka harus ada transaksi dengan nominal yang tertera sehingga kemudian muncul besaran Rp1,” imbuh Kuswardoyo.

Terakhir, Kuswardoyo meminta masyarakat yang ingin menjajal soft launching LRT Jabodebek untuk terus memantau media sosial @lrt_jabodebek. Nantinya, calon penumpang kudu mendaftarkan diri melalui link khusus yang akan dibagikan di media sosial LRT Jabodebek tersebut.

Di lain sisi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sempat membantah soal tarif gratis dalam soft launching tersebut. KAI menggunakan istilah joy trip dalam pelaksanaan uji coba terbatas bagi masyarakat sebelum diluncurkan pada 17 Agustus 2023 mendatang.

“Karena ini 12 Juli itu masih menunggu sertifikasi operasi dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), kami juga enggak membunyikan itu sebagai gratis. Jadi kami joy trip gitu lah,” ungkap Kepala Divisi LRT Jabodebek dari PT KAI Mochamad Purnomosidi kepada awak media, Senin (22/5).

“Kami coba buka lewat media sosial, tapi dalam kondisi terbatas siapa yang bisa daftar dulu, nanti kami ajak joy trip,” sambungnya.

Namun, sempat viral di media sosial bahwa LRT Jabodebek akan digratiskan selama satu bulan dalam masa uji coba Juli-Agustus. Banyak netizen menyambut antusias kabar tersebut.

 

 

Array

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *