Kamis, 20 Juni 2024

Daftar 24 Peserta Piala Dunia U-17 FIFA Tahun 2023

FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Tercatat sebanyak 24 negara akan mengikuti turnamen yang akan digelar 10 November hingga 2 Desember 2023 tersebut.

Sebagai tuan rumah, Indonesia otomatis lolos dan menjadi satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara. Berikut daftar negara peserta Piala Dunia U-17 2023. Dimulai dari Indonesia sebagai tuan rumah.Selain Indonesia, wakil Asia (AFC) adalah Iran, Korea Selatan, Jepang, serta Uzbekistan. Berlanjut ke Eropa (UEFA), Benua Biru mengirimkan Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia.

Sementara dari zona Amerika Selatan (CONMEBOL), ada Brasil, Argentina, Kolombia, dan Ekuador. Kemudian peserta asal kawasan Amerika Utara dan Tengah (Concacaf) adalah Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, dan Panama.

Peserta dari Afrika (CAF), yakni Mali, Burkina Faso, Maroko, dan Senegal. Terakhir dari zona Oseania mengirimkan Selandia Baru dan Kaledonia Baru.

Setelah sukses menggelar FIFA Match Day antara Indonesia melawan Argentina, kini saatnya Indonesia kembali menunjukkan diri pantas menjadi panitia dan juga peserta event FIFA berskala internasional.

Banyak legenda sepak bola dunia yang lahir dari ajang ini. Mereka di antaranya adalah Alessandro Del Piero, Francesco Totti, juga Xavi Hernandez. Kemudian Fernando Redondo, Juan Sebastian Veron, Luis Figo, serta Ronaldinho.

Sejumlah bintang jebolan Piala Dunia U-17 yang masih aktif bermain juga pernah mentas di kompetisi ini. Ada Phil Foden (Inggris), Pedri (Spanyol), dan Jordi Amat (Spanyol) yang kini membela timnas Indonesia di level senior.

Berita Terkait