Selasa, 5 Maret 2024

Cak Imin : Atasi Kemiskinan Ekstrem Dengan Cara Naikan Dana Desa

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan desa menjadi garda depan pembangunan nasional. Termasuk dalam mencapai target nol persen Kemiskinan ekstrem. Syaratnya, semua pengampu desa berkomitmen memperjuangkan perombakan kebijakan program dan kenaikan anggaran menjadi Rp5 miliar tiap desa.

“Saat ini muncul peluang yang besar untuk meningkatkan dana desa, dari rata-rata Rp1 miliar per desa tahun ini, kelak menjadi Rp5 miliar per desa,” kata Cak Imin dalam Sosialisasi Tata Kelola Pemanfaatan Dana Desa di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (26/5)

Menurutnya, pembangunan desa berada di jalan yang benar. Seperti ditunjukkan selama delapan tahun perjalanan implementasi Undang-Undang Desa. Mulai dari 2015-2023, sebanyak Rp537 triliun Dana Desa telah disalurkan dengan rata-rata Rp1 miliar per desa/tahun.

Secara umum, kata Cak Imin, terjadi dampak positif dari penyaluran dana desa untuk kemajuan desa sangat tertinggal. Pada tahun 2018 terdapat 14.047 desa yang statusnya sangat tertinggal. Sementara, di tahun 2022 jumlahnya menurun drastis menjadi 4.365 desa.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.