Selasa, 5 Maret 2024

Bacaan Doa untuk Orang yang Berangkat Haji

Bacaan doa untuk orang naik haji penting untuk diketahui setiap umat muslim yang akan mengantarkan saudara atau keluarganya berangkat ke Tanah Suci.

Menunaikan ibadah haji ke Makkah menjadi impian bagi kebanyakan umat muslim di dunia. Haji adalah rukun Islam yang kelima dan wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu.

Memanjatkan doa agar segera dapat berangkat ibadah haji merupakan satu di antara bentuk ikhtiar yang bisa dilakukan oleh umat muslim yang ingin menunaikannya.

Selain itu, Rasulullah saw. menganjurkan bacaan doa untuk orang naik haji. Doa tersebut bisa dibacakan saat hendak melepaskan kepergian sanak saudara atau keluarga yang berangkat haji ke Makkah.

Memanjatkan doa untuk orang yang berangkat haji dibaca dengan harapan agar Allah Swt. senantiasa melindunginya dan selamat hingga kembali ke negara asal.

Berikut ini bacaan doa untuk orang yang berangkat haji beserta artinya,

Doa untuk Orang Berangkat Haji

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya: “Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.”

Doa untuk orang naik haji ini dibaca oleh Rasulullah saw. saat salah seorang sahabatnya berkata akan mengadakan perjalanan jauh. Doa untuk orang naik haji ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas r.a.;

وروينا في كتاب الترمذي، عن أنس رضي الله قال : جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: يارسول الله، إني أريد سفرا فزودني، فقال: “زودك الله التقوى”، قال: زدني، قال: “وغفر ذنبك”، قال: زدني، قال: “ويسر لك الخير حيثما كنت” قال الترمذي: حديث حسن

Artinya: “Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari sahabat Anas r.a. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah saw., ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah saw. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah saw. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah saw. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadis ini hasan,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

Selain itu, Anda juga bisa membaca doa untuk orang naik haji ini:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah selawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya selawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

 

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.