Selasa, 5 Maret 2024

10 Lagu Indonesia yang Sering Disebut Mirip Sama Lagu Luar Negeri

Saking banyaknya musisi dan peredaran lagu di muka bumi ini, para penikmat musik pun jadi sering pangling sama lagu satu dengan lagu yang lain.

Contohnya aja kayak kuping para pendengar musik Indonesia. Para pendengar musik di sini, mungkin karena saking nguliknya sama musik, sampai menilai sebuah lagu musisi Indonesia mirip dengan lagu punya musisi internasional.

Sampai-sampai hadir playlist bikinan netizen Indonesia di Spotify yang bertajuk ‘lagu yang atas mirip lagu bawahnya’. Di situ, dimuat ratusan lebih lagu musisi Indonesia yang dinilai mirip sama lagu punya musisi luar.

Entah apa yang mendasari interpretas para pendengar musik di negara kita. Apakah karena saking tajemnya kuping para netizen dalam mendengarkan lagu?

atau memang karena lagu artis lokal dan internasional yang disebutkan pada dasarnya mirip secara nada, struktur hingga lirik?

Yang jelas, anggepan kayak gini nggak jarang menghasilkan gogon (gosip underground) yang bilang kalo beberapa lagu Indonesia itu adalah hasil plagiat. Wah masa iya, sih?

Nah, berikut kita bahas 9 di antara 100 lagu yang termasuk dalam playlist ini, karena dianggap mirip sama lagu musisi luar.

1. Baik Baik Sayang – Wali (Dear God – Avenged Sevenfold)

Pada tahun 2009, band Wali merilis single ‘Baik Baik Sayang’ dari albumnya ‘Cari Jodoh’.
Kebetulan, dua tahun sebelumnya, ada Avenged Sevenfold yang menelurkan single dengan aransemen akustik yang cathcy berjudul ‘Dear God’.

Lantas, di periode tersebut, ramai anggapan kalo kedua lagu ini sangat mirip secara aransemen dan nada. Secara liriknya juga sama-sama menyatakan kerinduan pada orang tersayang.

Tapi masa sih jiplak? Orang lagu yang satu bergenre pop melayu dan yang satu metal, kok.

2. Dilema – D’Masiv (Soldier’s Poem – Muse)

Para Masivers (fans band D’Masiv) mungkin udah lelah menampik segala tuduhan yang bilang band kesayangannya gemar jiplak lagu musisi luar.

Yap, sampe sekarang memang nggak ada bukti kalo D’Masiv pernah jiplak lagu orang.

Musisi atau band yang dianggap lagunya telah dijiplak pun nggak ada yang melayangkan gugatan ke Rian dkk sampai detik ini.

Tapi apa daya, gogon udah keburu menyebar di internet hingga tongkrongan anak muda di Indonesia, yang mengganggap kalo lagu ‘Dilema’ milik D’Masiv aransemennya mirip banget sama ‘Soldier’s Poem’ milik Muse.

3. Iwak Peyek – Trio Macan (Take ‘Em All – Cock Sparrer)

Pada 2012 lalu, lagu ‘Iwak Peyek’ dari Trio Macan jadi obrolan hangat setelah disebut mirip sama lagu band punk Cock Sparrer.

Trio Macan sendiri sempat mengakui kalo ‘Iwak Peyek’ memang mirip sama lagu milik band Oi! asal Inggris itu.

Tapi Trio Macan mengaku bisa mewajarkan hal itu, karena menurut mereka kemiripan itu hanya faktor kebetulan.

Toh, kata mereka, tangga nada di dunia cuma ada tujuh.

4. Padi Milik Rakyat – .Feast (Graves – Whiskey Shivers)

Lagu ‘Padi Milik Rakyat’ milik .Feast juga sempat bernasib serupa.

Di dunia maya, lagu dari EP ‘Beberapa Orang Memaafkan’ di tahun 2018 ini dianggap mirip, hingga bahkan dituduh menjiplak, lagu ‘Graves’ milik band bluegrass asal Texas, Whiskey Shivers.

5. Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki – Sheila On 7 (Father And Son – Boyzone/Cat Stevens)

Sejago-jagonya Eross dkk. menulis lagu, tetap pernah ada isu plagiarisme lagu yang diarahkan ke Sheila On 7.

Pada tahun 1999, lagu ‘Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki’ Sheila On 7 dituding menjiplak Father And Son-nya Boyzone.

Nuansa dan sebagian notasinya emang mirip. Tapi, Eross si pencipta lagu menyangkal menjiplak.

6. Kopi Dangdut – Fahmi Shahab (Moliendo Cafe – Martin Zarzar)

Lagu Kopi Dangdut ciptaan Fahmi Shahab memang begitu fenomenal di Indonesia. Namun, si pencipta sendiri mengakui kalo lagu tersebut memang mengambil lisensi dari lagu ‘Moliendo Cafe’ asal Venezuela

“Saya cari ide, saking gugupnya lupa waktu, saya bilang ‘Kopi Dangdut’, (tadinya Caferumba) ya itu kopi itu cafe, kalau you cafe kalau di sini kopi, kalau di sini identik dengan dangdut. Akhirnya setuju, itu tahun 1990, saya bikin tuh lagu, enggak tidur saya,” ungkap Fahmi dalam channel Dunia Manji, mengutip dari Kompas.com.

7. Diam – Potret (Say It Ain’t So – Weezer)

Weezerian dan basis fans band Potret bisa jadi saling beririsan, nih. Soalnya lagu ‘Diam’ milik band Anto Hoed dkk. vibes-nya mirip banget sama ‘Say It Ain’t So’-nya Weezer.

Hasil jiplak? Who knows? Yang jelas, keduanya adalah band gacoan settiap anak muda di dekade 90an sih.

8. Mau Dibawa Ke Mana – Armada (Macy’s Day Parade – Green Day)

Pasukan Armada (nama fans band Armada) bisa jadi sama capeknya dengan para Massivers. Soalnya bandnya juga cukup langganan dituding jiplak lagu musisi luar.

Single hits ‘Mau Dibawa Ke Mana’ pun sampai pernah dianggap mirip sama lagu ‘Macy’s Day Parade’ dari album ‘Warning’ Green Day.

Mentang-mentang kocokan gitar dan ketukannya temponya sama kali ya?

9. Seluruh Nafas Ini – Last Child feat. Gisel (Two Is Better Than One – Boys Like Girls feat. Taylor Swift)

Lagu ‘Seluruh Nafas Ini’ milik Last Child feat. Gisel emang sukses bikin setiap yang denger galau sampe ke tulang. Merdu secara melodi dan dalem banget secara lirik.

Tapi apalah daya, lagu ini malah diklaim mirip secara aransemen dan nada sama lagu putus cinta lain dari daratan Amrik: ‘Two Is Better Than One’ milik Boys Like Girls feat. Taylor Swift.

10. Pangeran Cinta – Dewa 19 (Immigrant Song – Led Zeppelin)

Lagu ‘Pangeran Cinta’ kerap disebut mirip sama ‘Immigrant Song’ milik Led Zeppelin. Intro-nya sih memang mirip ya.

Tapi kalo didengear secara keseluruhan lagu ini, nggak bisa dibilang kalo’Pangeran Cinta’ jiplak ‘Immigrant Song’ juga sih.

Well, dalam kaset album Laskar Cinta yang di dalamnya ada lagu Pangeran Cinta, Ahmad Dhani memang menulis kalo lagu ini terinspirasi oleh Led Zeppelin. (*)

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.