Senin, 15 April 2024

Dibalik Dahsyatnya Kekuatan Lirik ‘Cinta dan Kerinduan’ Santri Rock

Suatu ketika ada seseorang mengajukan suatu pertanyaan yang cukup aneh kepada Sayyid Muhammad bin Alawy bin Abbas al-Maliki al-Idrisi al-Hasani (Syekh Maliki) ulama besar Mekkah

“Allah sekarang lagi ngapain” ? tanya orang tersebut

Syekh Maliki Menjawab: “Allah sekarang lagi bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW”.

Dalilnya adalah surat al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya senantiasa bershalawat untuk Nabi (SAW). Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

 

“Cinta dan Kerinduan”

Wahai junjunganku ya Rasulullah

Pemilik kemuliaanya di sisi Allah

Hanya demi engkau waktu dan ruang diciptakan

Kehadiranmu rahmat bagi seluruh alam

 

Ini hanya sebagian dari lirik cinta dan kerinduan yang di nyayikan band Santri Rock, bisa dibayangkan betapa tinggi nilai sastranya (tata bahasa) dan takkan pernah habis bila dibahas satu persatu makna terdalam liriknya.

Bachruddin Ajid, seniman asli Jakarta yang merupakan salah satu murid KH. Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) Sidoarjo, Jawa Timur

Beliau mengatakan “Tulisan yang saya buat ini atas dasar cinta dan rindu yang mendalam kepada baginda Nabi, dimana getaran-getaran cinta selalu bergemuruh dalam hati ketika nama Rasulullah disebut (saat bershalawat)”.

Menurut para ahli tasawwuf bahwa aktifitas utama hati adalah cinta (al hubb). Cintalah yang mampu manjadikan manusia menjadi lebih bergairah menjalani hidup, bersemangat melakukan berbagai tindakan dan hidup terasa semakin berwarna.

Allah swt telah menyediakan segala fasilitas dan mekanisme untuk menjadikan manusia agar mampu menjadi manusia yang sesungguhnya.

Berbagai mekanisme telah disediakan pada diri manusia untuk menemukan cinta dalam kehidupannya. Dalam setiap hari Allah swt menjadikan solat lima waktu sebagai mekanisme menemukan cinta. Dalam setiap pekannya disediakanlah hari jumat sebagai hari spesial untuk memupuk cinta pada-Nya. 

Begitu juga dengan Shalawat sebagai bentuk cinta kepada baginda Rasulullah SAW

‘Jadi Ketika anak-anak  “Santri Rock” manggung dan membawakan lagu ini (cinta dan kerinduan), pada hakikatnya bukan hanya sekedar nyanyi, melainkan doa dengan tujuan agar rahmat turun, kenapa bisa turun, karena Allah, para Malaikat, dan Kita semua Bershalawat, kan jadi satu frekuensi”, sambungnya.

 

Rasulullah SAW bersabda :

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Orang yang paling dekat denganku di hari kiamat nanti adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku” (HR. Tirmidzi )

Jadi teruslah bernyanyi sambil bershalawat, Insya Allah berkah, doa-doa akan terkabul dan kalian sampai kebaitullah, tegasnya

Array

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *