Selasa, 5 Maret 2024

Jokowi Sebut Logo “Pohon Hayat” Jadi Identitas Visual IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Pohon Hayat yang menjadi logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi identitas visual bagi Ibu Kota baru Indonesia

Jokowi juga menyampaikan ada sejumlah makna dalam logo “Pohon Hayat” yang didesain oleh desainer grafis asal Bandung, Aulia Akbar tersebut.

“Logo baru ini nantinya akan menjadi identitas visual bagi IKN,” ujar Jokowi saat meluncurkan Logo Pohon Hayat sebagai logo IKN di Istana Negara, Jakarta  (30/5/2023).

“Pohon Hayat ini adalah pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” katanya lagi.

Presiden juga menjelaskan bahwa logo bertema Pohon Hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, yakni menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar serta majemuk.

Selain itu, logo bertema Pohon Hayat juga dinilai dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan beserta ekosistemnya.

“Dan juga memperkuat ikhtiar, usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara kita, ibu kota masa depan Indonesia,” ujar Jokowi.

Kepala Negara mengungkapkan, logo IKN itu terpilih berdasarkan hasil voting terbuka yang diikuti masyarakat seluruh Indonesia.

Hasilnya, logo bertema Pohon Hayat karya Aulia Akbar keluar sebagai pemenang dengan pemilih terbanyak dengan meraih lebih dari 500 ribu dukungan suara.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.