Selasa, 5 Maret 2024

Erdogan Kembali Terpilih Sebagai Presiden Turki

Dewan Pemilihan Umum (Pemilu) Turki mengonfirmasi Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan presiden Turki 2023. Dengan kemenangan itu memperpanjang kekuasaan Recep Tayyip Erdogan hingga periode ketiga setelah hadapi persaingan ketat dalam kariernya.

Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki dalam pemilihan putaran kedua dengan 52,14 persen suara. Demikian disampaikan Kepala Dewan Pemilihan Tinggi Ahmet Yener.

Yener menuturkan, dengan 99,43 persen kotak suara dibuka, saingan Erdogan yakni Kilicdaroglu menerima 47,86 persen suara. Dengan selisih lebih dari 2 juta suara antar kandidat, sisa suara yang tidak dihitung tidak akan mengubah hasil.

Pada Minggu pagi, penyiar publik Turki menyerukan pemilihan presiden untuk petahana Erdogan. Analis melihat kemenangan Erdogan yang berusia 69 tahun sama sekali tidak ada setelah pemungutan suara pertama pada 14 Mei 2023 yang membuatnya unggul lima poin persentase dari saingannya, dalam pukulan besar bagi oposisi.

Kilicdaroglu dan partainya CHP telah menjanjikan perubahan, perbaikan ekonomi, penyelamatan norma-norma demokrasi dan hubungan lebih dekat dengan barat, sesuatu yang diharapkan banyak orang untuk membawa mereka menuju kemenangan, terutama karena kebijakan ekonomi Erdogan selama bertahun-tahun membantu menciptakan krisis biaya hidup di Turi. Akan tetapi, pada akhirnya itu tidak cukup.

Popularitas pemimpin Partai AK tetap hidup dan sehat, meskipun publik marah atas lambatnya tanggapan pemerintah menyusul serangkaian gempa dahsyat pada Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Banyak orang di Turki, dan dunia Muslim secara lebih luas melihat Erdogan sebagai pelindung  umat Islam yang setia yang mengangkat Turki secara global dan melawan barat, meskipun telah lama menjadi sekutu barat.

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.