Senin, 15 April 2024

Mantan Aspri Gus Dur : Gus Muhaimin Adalah Keponakan Yang Paling Disayang

Foto : Bang Sulaiman (Aspri Gus Dur) saat sambutan Haul Gus Dur ke-14 di DPP PKB didampingi oleh Ardie Massardie (Jubir Presiden RI ke-4)

Perayaan harlah ke-14 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang dilaksanakan dikantor DPP PKB di Jl. Raden Saleh, Jakarta Pusat pada Jumat 4/8/2023 menjadi pusat perhatian bagi para kader PKB sendiri baik di Jakarta maupun di seluruh Indonesia.

Pasalnya Gus Dur adalah sosok yang dikenal sebagai tokoh besar NU sekaligus Presiden RI ke-4 dan juga salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersama para kiai-kiai NU lainnya.

Momentum perayaan Haul kali ini berbeda dengan biasanya, tidak hanya diisi dengan tahlil, tahmid, sholawatan dan lain sebagainya,

Akan tetapi ada space waktu (testimoni tokoh) orang-orang terdekat Gus Dur untuk menceritakan kisah-kisah atau pengalaman pribadinya saat mereka masih bersama-sama Gus Dur ketika beliau masih hidup.

Dimulai dari Mas Ardie Massardie, Bang Sulaiman, Kiai Arifin Junaidi, Dr. Muhammad A.S Hikam dan terakhir dari KH. Said Aqil Siradj sebelum pengajian Haul.

Ada hal yang menarik dalam testimoni ini yaitu sambutan dari Bang Sulaiman sapaan akrabnya sekarang adalah BHS (Bang Haji Sulaiman) mantan asisten pribadi Gus Dur.

Dalam sambutnya beliau mengatakan bahwa ada dua keponakan Gus Dur yang paling disayang, pertama Almarhum Gus Ishom, kedua Gus Muhaimin.

Ucapan ini tidak keluar begitu saja oleh Bang Sulaiman tanpa dasar yang kuat, kurang lebih sepuluh tahun beliau menemani Gus Dur dan hampir dua puluh empat jam beliau berada disamping Gus Dur dihari-hari terakhirnya.

Sudah pasti ada bahkan banyak sekali ucapan-ucapan Gus Dur yang tidak diketahui banyak orang kecuali orang-orang terdekatnya dan salah satunya, ucapan Bang Sulaiman tadi.

Dan bukan tanpa alasan juga Gus Dur menyayangi Gus Muhaimin, buktinya sampai saat ini PKB yang di nahkodai Gus Muhaimin menjadi partai islam terbesar, mempunyai pasukan yang paling loyalis dibandingakan partai lain sampai akar rumput dan satu komando dalam satu perintah ketumnya alias solid.

Dan terakhir saat ini PKB tercatat sebagai partai besar, hal ini di ucapkan secara langsung oleh Presiden Jokowi saat memberi sambutan Harlah ke-25 PKB di Manahan, Solo.

Semoga haul Gus Dur terus terlaksana ditahun-tahun selanjutnya, agar para generasi muda tidak melupakan sejarah dan kenal akan tokoh-tokoh besar bangsa ini.

Array

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *