Kamis, 25 Juli 2024

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, Masjid Darul A’mal Adakan Pawai Obor

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat sekitaran Masjid Darul A’mal yang berada di Kawasan Cipete, Jakarta Selatan menyambut datangnya tahun baru islam dengan mengadakan pawai obor, yang dimana pawai ini diikuti oleh sejumlah masyarakat sekitar dan para murid-murid TK/TPA Yayasan Masjid Darul A’mal.

Pawai obor ini dilaksanakan setelah ba’da shalat isya, yang titik kumpulnya berada di depan Masjid Darul A’mal, dimana rute pawai ini meliputi sejumlah ruas jalan Sawo, jalan Damai hingga jalan H. Jian.

Ratusan arak-arakan warga yang mengikuti pawai ini, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lantunan shalawat berkumandang sepanjang jalan dan sesekali atraksi api obor dimainkan untuk menambah kemeriahan dan keseruan acara pawai.

Ketua panitia pawai obor Kuat Wibowo mengatakan bahwasannya, pawai obor ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya disini dan alhamdulillah semua warga sangat antusias, hal ini terlihat dari awal persiapan sampai hari pelaksanaan (hari H) dan kegiatan ini murni atas partisipasi para warga.

Semoga di tahun baru ini membawa harapan baru dan kehidupan yang lebih baik bagi kita semua, sambungnya.

Gus Mis selaku seksi humas panitia obor turut bicara, “Alhamdulillah semua warga disini kompak dan merasa senang, karena acara berjalan lancar meskipun siang tadi diguyur hujan lebat”, tegasnya. (06/07/2024)

 

Perbedaan Penetapan 1 Muharram 1446 Hijriah Kemenag dengan PBNU

Berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag RI, 1 Muharam 1446 Hijriah bertepatan dengan hari Minggu. Tepatnya, pada 7 Juli 2024 Masehi.

Dengan demikian, tanggal 1 Muharam 1446 H jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. Kalender Masehi dan Hijriah sama-sama terdiri dari 12 bulan.

Disisi lain mengikuti keputusan LF Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). ’’Dikarenakan cuaca mendung semua titik yang sudah fiks melapor tidak ada yang dapat melihat hilal. Maka Dzulhijjah diistikmalkan (30 hari) dan 1 Muharram 1446 jatuh pada Senin, 8 Juli 2024 (mulai malam Senin).

Meskipun penetapan Tahun Baru Islam 1446 H berbeda versi, akan tetapi makna dan spirit dari tahun baru islam ini tidak berubah yaitu “ tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin.

Berita Terkait