Kamis, 25 Juli 2024

Idul Adha 1445 H, Masjid Darul A’mal Jaksel Potong Puluhan Hewan Kurban

Sepertinya biasa, saat perayaan hari raya Idul Adha atau biasa yang disebut dengan hari raya kurban atau juga lebaran haji, umat muslim di seluruh Indonesia setelah melaksanakan shalat id pasti melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Begitu juga dengan Masjid Darul A’mal, masjid yang terletak di kawasan Jakarta Selatan ini, seusai shalat id yang menunggu jeda tak terlalu lama, langsung melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Pemotongan hewan kurban tahun ini terdapat kambing 14 ekor, sapi 2 ekor dan kerbau 1 ekor yang nantinya semua daging kurban akan didistribusikan kepada seluruh warga sekitaran masjid baik itu para jamaah masjid, murid-murid TPA dll, yang pada intinya semua warga yang tercatat oleh panitia kurban berhak menerimanya.

Memaknai Idul Adha sebagai Wujud Kepedulian Kepada Sesama

Dengan berkurban, kita bisa memberikan daging hewan kurban kepada orang-orang yang membutuhkan dan mempererat kepedulian terhadap sesama. Daging kurban yang telah disembelih mampu memberikan kebahagiaan dan gizi kepada mereka yang membutuhkan. Apalagi banyak saudara kita yang mungkin jarang menikmati daging dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan kita melaksanakan ibadah kurban, Allah Swt akan melihat keikhlasan hati kita dalam berkurban dan niat kita dalam menolong sesama.

Ibadah kurban mengandung pesan yang sangat mendalam tentang ketabahan ketaatan dan pengorbanan yang sudah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim a.s. Ibadah kurban mengajarkan kepada kita bahwa kecintaan kepada Allah SWT harus menjadi prioritas utama melebihi kecintaan kepada makhluk dan inti dari melaksanakan ibadah kurban adalah ketaqwaan.

Berita Terkait