Jumat, 24 Mei 2024

Di Depan Ribuan Santri, Cak Imin Janji Sejahterakan Pesantren hingga Guru Ngaji

Bakal calon wakil presiden (Cawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berjanji pesantren-pesantren akan mendapatkan haknya jika ia dan bakal calon presiden (Capres) Anies Baswedan terpilih pada Pilpres 2024.

Pernyataan itu Cak Imin sampaikan di depan ribuan santri Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri Nasional, Minggu (22/10/2023).

“Kelak kalau kita memimpin, doakan, kalau Saya dan Mas Anies memimpin negeri ini, pesantren-pesantren mendapatkan haknya sebagai pewaris dari negeri kita tercinta,” kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, jika ia dan Anies terpilih nantinya pemerintah akan mengatasi keterbatasan fasilitas yang kerap ditemui di pesantren, seperti kesulitan akses air dan lainnya.

Ia juga berjanji bakal memprioritaskan kesejahteraan guru-guru ngaji, guru madrasah diniyah (sekolah keagamaan), dan semua guru yang mengabdi untuk kemajuan sumber daya manusia (SDM) “Tidak boleh ada guru yang tidak sejahtera sehingga ngantuk dalam berjuang mendidik anak-anak didiknya,” tutur Cak Imin.

Pada kesempatan itu, Cak Imin mengingatkan para santri mengenai bagaimana peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Cak Imin meminta para santri sanggup menjadi pewaris ulama dan menjadi pemimpin di masyarakat. Ia meminta mereka siap menjadi pemimpin dari tingkat desa atau lurah hingga presiden. “Kalau kita tidak sanggup maka kita termasuk orang-orang yang kualat dan tidak bisa menjalankan amanah sekaligus warisan mulia ini,” kata Cak Imin.

Dalam acara itu tampak hadir pengasuh Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo, Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf. Ia merupakan salah satu kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar.

Sejumlah elite PKB juga turut hadir yakni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal, dan Wakil Bendahara Umum DPP PKB Bambang Susanto

Upacara ini merupakan rangkaian lawatan Cak Imin di Magelang. Pada hari ini, ia bakal memimpin rapat konsolidasi bersama kader PKB, seorang ke kiai tersohor di Pesantren Watucongol, dan merayakan acara puncak peringatan Hari Santri Nasional.

Adapun Anies dan Cak Imin diusung koalisi Partai Nasdem, PKB, dan PKS. Mereka telah mendaftarkan diri sebagai bakal capres dan cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis (19/10/2023).

Mereka juga tekah menjalani tes kesehatan sebagai syarat menjadi capres dna cawapres di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada Sabtu (21/10/2023).

Array

Berita Terkait