Senin, 15 April 2024

Sederet Nama Menteri Jokowi Yang Nyaleg Pada Pemilu 2024

Sejumlah menteri yang menjabat di pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin turut meramaikan daftar calon anggota legislatif yang bakal bertarung pada pemilu 2024 mendatang. Sejak Komisi Pemilihan Umum membuka pendaftaran caleg pada 1 Mei 2023 lalu sejumlah partai telah menyetorkan daftar nama caleg. 

Para menteri yang masuk dalam daftar caleg DPR akan memperebutkan kursi untuk duduk di Senayan. Mereka akan mengisi satu dari 580 kursi parlemen yang telah ditetapkan oleh KPU.  Hingga hari ke-11 pendaftaran bakal calon legislatif oleh KPU, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju telah didaftarkan oleh partai politik. Berikut daftar beberapa Menteri dan kabinet pemerintahan Jokowi yang dikabarkan akan maju sebagai calon legislatif 2024: 

 

Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate didaftarkan sebagai calon anggota DPR RI dalam Pemilihan Umum 2024 oleh Partai Nasional Demokrat. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, daerah pemilihan Johnny du Nusa Tenggara Timur (NTT) 1. Johnny merupakan petinggi Nasdem yang menjabat Sekretaris Jenderal. Bagi Johnny maju sebagai caleg bukanlah hal baru. Pada pemilu 2014 ia terpilih sebagai anggota DPR dari Partai Nasdem untuk dapil NTT 1

 

Syahrul Yasin Limpo

Selain Johnny, satu menteri lainnya yang didaftarkan Partai Nasdem sebagai bakal calon legislatif di Pemilu 2024 yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Pencalegan Yasin dan Johnny sama-sama disampaikan oleh Partai NasDem saat mendaftarkan calon anggota legislatifnya di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis.

Sebelum menjabat menteri, ia pernah menjadi Gubernur Sulawesi Selatan. Saat itu ia merupakan politikus Partai Golkar. Ia mulai menjabat sebagai Ketua DPP Partai Nasdem pada 2018 dan kemudian ditunjuk menjadi Menteri Pertanian. 

 

Yasonna Laoly

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly masuk menjadi satu dari 580 bakal calon legislatif yang didaftarkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP). Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat menyetorkan nama bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum RI di Jakarta Pusat, Kamis (11/5).

Yasonna sebelumnya pernah menjadi anggota DPRD Sumutera Utara pada periode 1999-2004 dari Partai PDI Perjuangan. Ia kemudian terpilih menjadi anggota DPR lewat pemilu 2004 mewakili daerah pemilihan Sumatera Utara 1.  Pada pemilu 2009 ia kembali terpilih menjadi anggota DPR namun dari daerah pemilihan Sumatera Utara II. Selanjutnya maju kembali pada pemilu 2019 pada dapil Sumatera Utara I hingga akhirnya ditunjuk menjadi menteri. 

 

Abdul Halim Iskandar

Menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin lainnya yang dikabarkan maju sebagai calon legislatif dalam pemilihan umum 2024 yaitu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Meski daerah pemilihan (Dapil) Abdul masih dipertimbangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), namun ia dikabarkan disiapkan untuk berkontestasi di Jawa Timur.

 

Ida Fuziyah

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dikabarkan akan didaftarkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia akan maju sebagai calon legislatif di daerah pemilihan (Dapil) Jakarta II. Bagi Ida maju sebagai caleg bukan merupakan hal baru. Ia telah duduk di kursi DPR sejak pemilu 1999 mewakili daerah pemilhan Jawa Timur dari PKB. Selanjutnya pada pemilu 2004 dan seterusnya ia maju untuk wilayah Jatim VIII. 

 

Zulkifli Hasan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua Umum dari Partai Amanat Nasional (PAN) memang belum masuk dalam daftar caleg yang diserahkan PAN ke KPU. Namun, ia Zulkifli mengatakan siap maju jadi caleg bila dibutuhkan partai. “Tentatif, masih belum. Belum ada (nama Zulhas di daftar), kalau diperlukan baru turun,” kata Zulkifli di Kantor KPU RI usai menyerahkan daftar caleg.  Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno partai memang sengaja belum memasukkan Zulkifli sebagai caleg. Namun menurut dia, bila nantinya mendaftar Zulkifli akan bertarung di Dapil Jawa Tengah I. Eddy mengatakan alasan Zulkifli maju di dapil Jawa Tengah 1 sebagai langkah untuk mengamankan kembali 8 kursi DPR RI yang hilang di sana.  PAN kata Eddy ingin mengulang sukses PAN di Jawa Tengah I pada pemilu 2014.  Zulhas akan bertarung di wilayah meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang. Meski belum resmi didaftarkan ke KPU, nama Zulhas masuk dalam daftat caleg sudah dibenarkan oleh petinggi PAN. 

 

Angela Tanoesoedibjo

Putri dari Ketua Umum Partai Perindo tersebut akan maju sebagai calon legislatif Pemilu 2024. Angela yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan maju sebagai caleg di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur I, yang melingkupi Surabaya dan Sidoarjo.

Array

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *