Senin, 15 April 2024

Tembus Empat Besar, Kini PKB Lampaui Golkar di DKI Jakarta

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masuk empat besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi di DKI Jakarta, dengan angka elektabilitas mencapai 10 persen.

Posisi pertama ditempati oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dengan angka elektabilitas sebesar 20,3 persen, di susul oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 16,8 persen, dan Partai Gerindra sebesar 14,5 persen.

Temuan ini berdasarkan hasil survei Arus Survei Indonesia (ASI) yang digelar pada 12-18 Mei 2023. Survei bertema Evaluasi Kinerja & Peta Elektoral Pilkada DKI Jakarta 2024.

“Terkait elektabilitas partai politik, PDIP 20,3 persen menduduki di urutan pertama,” kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rifan, Rabu (31/5).

Posisi PDIP 20, 3 persen, disusul PKS dengan persentase 16,8 persen. Posisi ketiga diraih Gerindra 14,5 persen. Kemudian, PKB berada di urutan keempat dengan angka 10 persen dan Golkar 9,5 persen.

Metode Survei

Survei ini dilaksanakan melalui wawancara langsung. Metode survei dilakukan dengan menarik sampel multistage random sampling dengan 400 responden.

Seluruh responden yang terlibat merupakan warga DKI Jakarta dengan usia minimal 17 tahun.

Kemudian, survei ini memiliki margin of error kurang lebih 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Array

Berita Terkait

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *