Jumat, 24 Mei 2024

Ida Fauziyah didampingi Rustini Murtadho dan Rombongan, Ziarahi Sejumlah Makam Penyebar Islam di Jakarta

Ketua Pergerakan Perempuan Bangsa (PPKB) Hj. Ida Fauziyah, yang juga Bakal Calon Legislatif  (Bacaleg) DPR RI dari Dapil 2, Jakarta dan sejumlah Dewan Syura PKB di wilayah DKI Jakarta,  menggelar ziarah ke beberapa makam para habaib yang berada di Jakarta.

Tujuannya ziarah tidak lain adalah untuk mengenang dan menghormati jasa para habaib dalam menyebarkan agama Islam di Jakarta. Dalam tradisi kaum santri nusantara, ziarah adalah bagian dari tradisi dalam menyambung silaturahmi dengan  para guru, ulama, dan orang tua yang telah berpulang ke rahmatullah.

Kepada para ulama dan guru yang telah berpulang ke rahmatullah tersebut, para peziarah mengambil pelajaran, menggali inspirasi, dan semangat perjuangan yang telah mereka lakukan dalam kehidupan sebelumnya dalam berbagai bidang, terutama dalam dakwah menyebarkan agama Islam.

Khusus di DKI Jakarta, tradizi ziarah juga menjadi salah satu karakteristik yang melekat sebagai bagian dari subkultur kehidupan keberagamaan warga ibu kota yang dikenal religius. Masyarakat Jakarta menjaga tradisi ziarah selaras dengan napas idiologi ahlussunnah waljamaah, yang dianut oleh mayoritas umat Islam di Jakarta.

“Pada kesempatan ini, selain untuk berdoa, juga mengenang jasa dan perjuangan Pangeran Ahmad Jayakarta serta para habaib dalam menyebarkan agama Islam di Jakarta,”ujar ustadz Wawan El Ganjuri dari Harakah Majelis Taklim (HMT), yang mendampingi rombongan Hj. Ida Fauziyah, Hj. Rustini Murtadho, ziarah ke beberapa makam Habaib dan Makam Pangeran Achmad Jayakarta, Kamis (12/10/2023).

“Kami juga sekaligus berdoa untuk kemenangan Paslon AMIN (Anies dan Cak Imin) di Pilpres 2024 serta agar PKB DKI Jakarta bisa menang Pemilu 2024. Kami ingin bisa pecah telor, khususnya di Dapil 2 DKI Jakarta, dengan Ibu Ida Fauziyah, lolos ke senayan,”ujar ustadz Wawan, pemimpin rombongan.

 

“Ziarah Dimulai Sejak Ba’da Ashar”

Dimulai usai shalat Ashar atau selepas jam kerja, rombongan ziarah bergerak dengan terlebih dahulu ziarah kemakam Habib Husein Alaydrus (Makam Kramat Masjid Luar Batang), Jakarta Utara. Dilanjutkan ke Makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, kemudian makam Habib Abdurrahman Cikini, Jakarta Pusat.

Terakhir dilanjutkan ziarah ke makam Habib Abdullah bin Alwi Al Hadad (Habib Kuncung) dan Habib Munzir Al Musawa di Jakarta Selatan. Terlihat dalam rombongan ziarah, selain Ida Fauziyah , dan Rustini Murtadho, Istri Ketum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin), juga beberapa fungsionaris dan Bacaleg DPRD dari DPW PKB Jakarta di masing-masing wilayah.

“Kami juga sekaligus berdoa untuk kemenangan Paslon AMIN (Anies dan Gus Muhaimin) di Pilpres 2024 serta agar PKB DKI Jakarta bisa menang Pemilu 2024. Kami ingin bisa pecah telor, khususnya di Dapil 2 DKI Jakarta, dengan Ibu Ida Fauziyah, lolos ke senayan,”ujar ustadz Wawan, pemimpin rombongan. (***)

Array

Berita Terkait